Note

Blog ini ditujukan untuk arsip online saja. Terimakasih

Salah satu warna tinta tidak mau keluar di printer

Ini adalah masalah yang saya alami dikantor saya,apa??? Yap tentu saja tinta warna hitam tidak mau keluar.Itu membuat saya agak kesal tentunya karena dikantor kan warna hitam sangatlah penting untuk membuat surat dan lain lain.Berikut adalah penyebab tinta warna hitam tidak mau keluar,atau warna warna lainnya tidak mau keluar 

1. Tinta printer habis
2. Cartridge tersumbat
3. Cartridge rusak

Apa cuma tiga hal di atas yang bisa mengakibatkan masalah ini? Tentu tidak, masih ada beberapa kemungkinan yang tentunya hanya kita sendiri yang dapat mengetahuinya. Jika tiga hal di atas bukan merupakan hal yang menyebabkan printer kita error maka kita harus meneliti lagi dari berbagai hal agar mengetahui penyebab pasti dari masalah yang sedang dialami.

Tinta printer habis
Yang pertama, kita bisa cek apakah tinta nya masih ada atau tidak. Kadang masalah sepele seperti ini juga lupa kita lihat dan kita sudah takut dan berfikir yang tidak-tidak. Jadi, jika kita mengalami masalah seperti ini baiknya kita cek terlebih dahulu tinta yang ada pada printer. Pastikan tinta masih cukup untuk mencetak, kita bisa melakukan isi ulang tinta untuk memastikan hal ini.

Setelah tinta dicek kita bisa mencoba mencetak satu dua halaman untuk melihat apakah masalah tersebut telah terselesaikan atau belum. Jika sudah maka masalahnya memang hanya pada tinta habis yang telat di isi. Untuk memastikan tidak terjadi seperti ini lagi maka pastikan selalu langsung mengisi tinta jika tinta sudah terlihat mau habis.

Cartridge tersumbat
Ini yang sedikit agak parah dimana bagian head cartridge sudah ada yang tersumbat. Jika tersumbat sebagian maka masih ada hasil cetakan tetapi mungkin bergaris namun jika tersumbat semua maka biasanya tidak akan ada tinta yang keluar saat printer di gunakan. Baca juga cara merawat printer agar awet

Kalau masih ada sedikit tinta yang keluar maka masih ada kemungkinan cartridge kita perbaiki tetapi jika sudah parah maka tinggal di ganti saja. Jika sumbatan masih ringan maka kita dapat mengatasinya dengan mengelap bagian head cartridge dengan tisu yang di basahi dengan air hangat. Lakukan beberapa kali, setelah itu lakukan juga cleaning dan deep cleaning. Biasanya jika cartridge tersumbat masih ringan maka dengan cara tersebut masalah ini akan dapat teratasi.

Cartridge rusak
Yang terakhir ini sudah parah dimana terjadi kerusakan pada cartridge printer. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal ini tentunya hanya dengan mengganti cartridge dengan yang baru. Kerusakan cartridge ini bisa karena cartridge sudah tersumbat total dan bisa juga karena  kerusakan lain. Yang jelas cartridge sudah benar-benar tidak dapat diselamatkan.


Demikian yang dapat saya sampaikan :D terimakasih telah mengunjungi blog saya :D 

0 Response to "Salah satu warna tinta tidak mau keluar di printer"

Post a Comment

Komenlah yang bijak dan jangan berbicara yang tidak sopan ^^